Visi & Misi

Visi & Misi :

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunung Mas Merupakan Unsur Pelaksana Teknis Daerah Kabupaten Gunung Mas Yang Melaksanakan Tugas Dan Kewenangan Di Bidang Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Memerlukan Visi, Misi Dan Rencana Program Yang Jelas Serta Strategis Untuk Dapat Mencapai Sasaran Tugas Dan Kewenangan Yang Diembannya.

  1. Visi

Setiap organisasi harus selalu mempunyai pandangan ke depan    agar dalam bekerja tetap konsisten dan eksis, antisipatif, inovatif serta proaktif.

Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategis merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi. Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal. Oleh karena itu, visi organisasi harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

Untuk menumbuhkan komitmen seluruh jajaran dalam memberikan dukungan yang prima, rumusan visi diharapkan dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Dengan demikian visi menggambarkan sesuatu keadaan harapan di masa mendatang, dengan memperhatikan serta mempertimbangkan permasalahan-permasalahan yang kompleks dan aktual yang akan dihadapi.

Visi yang ditetapkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Gunung Mas adalah :

“ Terwujudnya Pelayanan Administrasi Kependudukan Yang Tertib, Akurat Dan Berkualitas  ”.

 Visi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2014 – 2018 ini diharapkan akan mewujudkan keinginan Pemerintah dan masyarakat, dengan tetap mengacu pada Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006  tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2006. Visi Dinas harus terukur untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilannya dalam rangka pelaksanaan visi tersebut.

Adapun yang dimaksud dengan “ Tertib “  adalah suatu kegiatan yang tata urutannya jelas, tegas dan  berkesinambungan sesuai dangan kaidah – kaidah yang    berlaku.    Tertib    yang   diharapkan     meliputi persyaratan,      penggunaan   /   pemakaian dan     kepemilikan     serta pelaksanaannya  dari  dokumen  Kependudukan  dan  Pencatatan  Sipil tersebut.

Kemudian “ Akurat“  adalah  suatu  data  atau  Dokumen  yang dapat dipertanggung jawabkan kebenaran dan keabsahannya.  Akuratnya suatu  dokumen  Kependudukan,  sangat   penting  di  era  sekarang  ini karena    persebaran   penduduk  atau  mobilitas   penduduk   dan   juga pengaruh    global    akan   membawa   dampak    terhadap   Aministrasi Kependudukan.

Selanjutnya  “  Berkualitas  “  adalah   hasil pelayanan cepat,tepat dalam  proses   penyelesaiaannya   yang   kita kenal  dangan Pelayanan Prima .

Pelayanan prima  ini  apabila terlaksana  dengan baik merupakan prestasi  kinerja  aparat  dalam memenuhi  kebutuhan dasar masyarakat  yang   erat   kaitannya   dengan  pencapaian Standar Pelayanan Minimal ( SPM ).

Kondisi sekarang ini aparat  pelaksana  pelayanan dituntut untuk  memenuhi  kebutuhan  dasar  masyarakat  sebagaimana tertuang dalam   Standar  Pelayanan  Minimal ( SPM ) yang telah ditetapkan oleh  Dinas    Kependudukan    dan    Pencatatan    Sipil     Kabupaten   Gunung Mas.

2. Misi

Untuk mewujudkan tercapainya visi yang telah ditetapkan, setiap organisasi harus mempunyai misi yang jelas.

Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus.

Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Misi adalah sesuatu yang harus diemban dan dilaksanakan sesuai visi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan baik melalui pernyataan misi diharapkan agar seluruh program dan institusi yang berkepentingan mempunyai acuan yang jelas terhadap hasil yang diharapkan dimasa mendatang.

Adapun untuk mewujudkan misi Dinas Kependudukan dan  Pencatatan Sipil  Kabupaten Gunung Mas melalui 2 ( dua ) kewenangan sesuai dengan SPM yaitu :

  1. Pendaftaran Penduduk
  2. Pencatatan Sipil

Dengan 2 (dua )  kewenangan  wajib  tersebut  ditempuh  7  ( tujuh )  misi sebagai berikut :

  1. Misi

Upaya-upaya yang akan dilakukan dalam rangka mencapai visi Kabupaten Gunung Mas Bersinar maka disusun 7 misi sebagai berikut :

a. Meningkatkan kualitas, relevansi dan akses perangkat pendidikan dan layanan kesehatan

Melalui misi ini, upaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, harus dilakukan dengan meningkatkan kualitas, relevansi dan akses masyarakat terhadap perangkat pendidikan dan layanan kesehatan. Pemenuhan dua layanan dasar ini akan menjadi dasar utama untuk peningkatan SDM.

b. Meningkatkan pemberdayaan dan daya saing ekonomi rakyat

Melalui misi ini,  dengan pengembangan usaha tani menetap dan berkelanjutan,  baik di sektor perkebunan (agar tidak lagi semata-mata tergantung pada karet), budidaya perikanan, budidaya peternakan, pertanian tanaman pangan dan hortikultura, yang potensi pasarnya sangat baik, dan dapat menjadi sumber peningkatan pendapatan masyarakat, secara berkesinambungan.

c. Melanjutkan dan memantapkan pembangunan infrastruktur pembuka isolasi daerah secara adil dan proporsional

Melalui misi ini, pembangunan infrastruktur jalan daan jembatan untuk membuka isolasi daerah yang sudah dilakukan selama ini, akan terus ditingkatkan. Membuka akses jalan jalan darat ke desa-desa yang masih tertinggal, untuk mendorong tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru.

d. Meningkatkan layanan pemerintahan secara berkualitas, cepat, transparan dan akuntabel, pada semua tingkatan pemerintahan

Melalui misi ini, diperlukan dalam rangka mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance). Dalam hal ini, yang perlu mendapat perhatian adalah : Penataan kewenangan, penataan kelembagaan, penataan personil, penataan pelayanan, dan lebih-lebih persoalan penataan keuangan daerah”.

e. Meningkatkan ketersediaan energi untuk rakyat

Melalui misi ini, yang akan terus mendapat perhatian serius, dalam lima tahun kedepan adalah, penyediaan tenaga listrik. Penyediaan tenaga listrik dilakukan melalui pembangunan pembangkit dan jaringannya, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Pemerintah Pusat dan PT. PLN Persero, baik dengan memanfaatkan sumber energy yang adaa, seperti batu bara, serta memanfaatkan sumber energy terbarukan, seperti tenaga air, tenaga surya, panas bumi, dan lain-lain.

f. Meningkatkan penyediaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha, melalui penguatan keterkaitan dan relevansi antara pengembangan perangkat pendidikan dengan investasi daerah

Melalui misi ini, penyediaan lapangan kerja, sangat erat kaitannya dengan masuknya investasi. Oleh sebab itu, maka untuk menciptakan daya tarik investasi ke daerah ini, harus ditunjang dengan peningkatan pembangunan infrastruktur. Pengembangan pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah, harus relevan kebutuhan pasar tenaga kerja yang terbuka, yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

g. Meningkatkan pengendalian, pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya alam secara serasi, seimbang dan lestari

Melalui misi ini, potensi sumber daya alam, adalah modal yang sangat berharga jika dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan. Tetapi jika pemanfaatannya tidak dikelola dengan baik, dengan prinsip serasi, seimbang dan lestari, maka pada saatnya, justru alam dapat mendatangkan bencana bagi kita.